Jumat, 20 September 2019

Sebanyak 47 WNA Diamankan Polda Kepri Bongkar Penipuan

Sebanyak 47 WNA Diamankan Polda Kepri Bongkar Penipuan

Sebanyak 47 WNA Diamankan Polda Kepri Bongkar Penipuan

Pada saat ini pihak Polda Kepulauan Riau (Kepri) bersama Polresta Barelang membongkar sindikat penipuan yang dilakukan oleh 47 warga negara asing (WNA) asal Tiongkok dan Taiwan para pelaku mengincar korban yang berada di Tiongkok. Warga Negara Asing yang kita amankan ini berasal dari Tiongkok dan Taiwan yang diamankan di Batam. Warga Negara Asing ini adalah sindikat penipuan ini yang dibongkar oleh Polresta Barelang, kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes S Erlangga, di Mapolresta Barelang, Batam, pada hari Jumat.

Kombes Pol S Erlangga menjelaskan, sebanyak 47 Warga Negara Asing ini ditangkap di dua lokasi berbeda. Warga Negara Asing di lokasi pertama ada sebanyak 31 orang yang diamankan di sebuah ruko Raman Niaga Mas Sukajadi sementara di lokasi kedua ada 16 WNA diamankan di ruko Grand Orchid. Warga Negara Tiongkok ini datang ke Batam secara bertahap sejak bulan Mei lalu. Mereka terdiri 18 asal Tiongkok, 29 warga negara Taiwan, 2 orang di antaranya wanita, kata Erlangga.

Menurut Kombes Pol Erlangga, para pelaku menipu sasarannya di Tiongkok dengan cara mengaku sebagai polisi Tiongkok mereka ini menghubungi para korban dan menyatakan bahwa korban ataupun keluarganya tersandung masalah hukum namun, para pelaku juga menghubungi orang di Tiongkok yang tersandung hukum. Mereka yang kena tipu diminta mentransfer sejumlah uang ke rekening para pelaku. Rekening mereka di sebuah bank yang ada di China, katanya.

Di lokasi yang sama, Kapolresta Bareleng Kombes Prasetyo menambahkan barang bukti yang diamankan ada 7 laptop dan 76 HP. Selain itu ada daftar nama-nama target penipuan. Masih mendalami lebih lanjut dalam kasus ini. Kita juga bekerja sama dengan kepolisian Taiwan dan pihak imigrasi untuk melakukan pendalaman lebih lanjut, ujar Prasetyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah Ada seorang SPG di Samarinda, Kalimantan Timur yang harus berurusan dengan ap...