Rabu, 26 September 2018

Aldi Terombang Ambing Di Laut Selama 49 Hari, Ini Yang Dilakukan Aldi Saat Lihat Kapal Melintas

Aldi Terombang Ambing Di Laut Selama 49 Hari, Ini Yang Dilakukan Aldi Saat Lihat Kapal Melintas

https://newskorandays.blogspot.com/2018/09/aldi-terombang-ambing-di-laut-selama-49.html


AGEN POKER Aldi Novel Adilang (19) terombang-ambing selama 49 hari di lautan lepas. Dia bertahan hidup 49 hari dengan kapal rakitnya. Segala upaya dilakukan remaja yang mirip Pi Patel di Life of Pi itu untuk meminta pertolongan ke kapal yang melintas didekatnya.

Remaja yang bernama Aldi Novel Adilang (19) itu semula cuma memancing ikan diperairan Manado pada bulan Juli 2018. Dia kemudian terbawa arus hingga ke perairan Guam, yang berjarak 125 KM dari persisiran utara Manado, Indonesia.

Bagaimana cara Aldi bertahan hidup dilaut lepas itu?. Saya makan ikan cakalang yang ada dirakit, ujar Aldi kepada wartawan dirumahnya, Desa Lansa, Kecamatan Wori, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, pada hari Senin (24/9/2018).

Saat dirakit yang membawanya bergerak ketengah laut, lanjut Aldi, masih ada ikan cakalang yang berada dirakit tersebut. Tak hanya itu, didalam rakit juga ada belanga dan perapian. Bakar ikan didalam belanga. Bakar ikan di situ, kata ALdi.

Belum berhenti sampai di situ perjuangan Aldi. Dia harus mengahadapi ombak besar sampai kejaran hiu. untungnya, rakit tersebut kuat bertahan di tengah laut. Tak ada anggota tubuh Aldi yang terendam di air hingga hiu tak bisa menjangkaunya. Ada hiu yang mengejar-ngejar rakit saya, kata Aldi.

Aldi terombang-ambing dari Manado hingga ke Perairan Guam. Dia masih ingat betul perjuangan meminta pertolongan dari kapal-kapal yang lewat. Aldi mengatakan dirinya pernah diajari oleh seorang kawan agar meneriakkan kata help sebagai ucapan minta tolong jika sewaktu-waktu melihat kapal besar lewat. Itu jika Aldi dalam kondisi darurat saat berada di tengah lautan.

Minta pertolongan dikapal itu minta tolong, kapal (terlihat) 1 mil. Saya ingat saya punya teman kalau ada kapal besar saya berteriak saja help. Ituentah di perairan mana. Saya ingat pesan teman saya kalau ada kapal besar bilang help itu artinya minta tolong, ujar Aldi kepada wartawan dirumahnya, di Desa lansa, Kecamatan Wori, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Senin (24/9/2018).

Teriakan help Aldi ke kapal-kapal yang lewat didekatnya tak didengar bahkan sudah 10 kapal membiarkannya begitu saja. Hingga akhirnya ada kapal berbendera Panama MV Arpeggio yang mendengar teriakan minta tolong Aldi dan langsung menolong remaja itu.

Ada kapal Australia yang ke Jepang. Saya minta tolong sama kapal itu. Terus minta tolong berteriak tolong-tolong. Sampai pakai kain dilambai-lambai diatas atap rumah rakit, cerita Aldi.

Setelah diselamatkan oleh para kru kapal, Aldi kemudian dibantu oleh KJRI Osaka untuk kepulangan ke Manado. Kisah Aldi dipenjaga lampu dirumah rakit lautan pun mendunia. Media-media Internasional menyebut sosoknya mirip difilm Life Of Pi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah Ada seorang SPG di Samarinda, Kalimantan Timur yang harus berurusan dengan ap...