Kamis, 25 Oktober 2018

7 Jenis Ikan Laut Yang Disukai Warga Di Indonesia

7 Jenis Ikan Laut Yang Disukai Warga Di Indonesia

https://newskorandays.blogspot.com/2018/10/7-jenis-ikan-laut-yang-disukai-warga-di.html


Bagi pencinta seafood pasti tak bisa menolak olahan lezat ikan laut segar. Ada tongkol, kembung hingga baronang!

Sebagai negara maritim dengan lebih dari 18.000 pulau, Indonesia menghasilkan banyak ikan laut segar. Bukan hanya dikonsumsi sendiri, ikan laut ini juga jadi komoditas ekspor menguntungkan. Dari sekian banyak jenis ikan di lautan Indonesia, 7 jenis berikut jadi yang terpopuler dimakan dan dikirim keluar negeri.

1. Tuna

Ikan tuna banyak ditemui di sisi selatan laut Pulau Jawa hingga ke kawasan timur Indonesia. Wilayah tangkapnya ada di Laut Flores, Laut Banda, Perauran Aru hingga Laut Maluku. Tahun 2017, Arif Satria selaku rektor terpilih IPB mengatakan hasil tangkapan tuna sampai bulan September mencapai 4,5 juta ton. Jumlah ini masih jauh dari potensinya yang dinilai hingga 12,5 juta ton.

Ikan tuna dikenal dengan bobotnya yang besar dan harga jualnya yang tinggi. Saat dikonsumsi mentah, daging ikan tuna terasa lembut sehingga banyak orang Jepang memfavoritkan tuna sashimi. Selain itu, tuna juga dikemas dalam kaleng sebagai sajian enak, praktis dan bernutrisi.

2. Tongkol

Ikan tongkol juga jadi favorit, dengan wilayah penangkapannya di perairan dangkal di seluruh perairan Indo-Pasifik Barat. Bersama tuna dan cakalang, ikan tongkol menjadi ikan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Jumlahnya mencapai 16.45% ungkap Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo di tahun 2016.

Secara fisik, ikan tongkol mirip cakalang dan tuna, hanya saja kulitnya berwarna putih mengilap. Ikan tongkol enak diasap, digulai, dioseng, atau hanya digoreng biasa.

3. Cakalang

Masih dari kelompok 3 teratas ikan favorit masyarakat Indonesia, ada ikan cakalang yang banyak ditemukan di perairan Sulawesi. Warna kulit ikan cakalang mirip tongkol tetapi lebih terang. Saat ditangkap, berat ikan ini bisa mencapai 18 kg.

Ikan cakalang punya daging tebal dengan rasa gurih. Paling sering diolah dengan cara diasap lalu disuwir-suwir. Olahan populernya adalah cakalang fufu dari Manado. Daging ikan cakalang dibaluri bumbu pedas yang nikmat.

4. Kakap

Di dasar-dasar atau terumbu karang perairan Indonesia, ikan kakap mudah ditemui. Ada beberapa jenis ikan kakap seperti kakap kuning, hitam dan merah. Yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah kakap merah.

Riau termasuk provinsi yang unggul dengan produksi kakapnya. Ikan kakap yang berdaging gurih dan lembut banyak diolah jadi asam pedas di sana. Sementara di Padang, ikan kakap terutama kepalanya banyak diolah jadi gulai.

5. Baronang

Menyebut baronang mungkin langsung terbayang ikan bakar yang dagingnya lembut dan manis alami. Ikan baronang termasuk ikan laut yang banyak diburu. Ada banyak jenisnya seperti baronang angin, tompel, susu, batik hingga lada.

Ciri ikan ini adalah punya tubuh pipih dengan panjang 20-45 cm. Kulitnya juga kerap bermotif totol atau garis-garis. Baronang banyak ditemukan di perairan dangkal laguna di wilayah Indo-Pasifik dan timur Laut Tengah.

6. Tenggiri

Harganya yang murah dan rasa dagingnya yang enak membuat ikan tenggiri juga disukai di Indonesia. Ikan tenggiri punya tubuh memanjang dengan moncong yang meruncing. Ikan tenggiri merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, dan makerel.

Di Indonesia, ikan tenggiri banyak diolah jadi pempek, kerupuk atau siomay. Ada baiknya memilih ikan tenggiri betina di pasaran yang kulitnya lebih licin, terang dan rasa dagingnya lebih gurih.

7. Kembung

Yang juga murah, enak dan banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah ikan kembung. Di pasaran ada ikan kembung banjar, como, dan lemak yang jadi buruan. Ikan kembung banjar lebih kecil dan ramping, sementar como dan lemak lebih besar.

Ikan kembung ditandai dari garis kuning atau biru sedikit kehijauan di bagian atasnya. Ikan ini enak digoreng kering, dipadukan kuah segar atau dibaluri sambal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah Ada seorang SPG di Samarinda, Kalimantan Timur yang harus berurusan dengan ap...