Jumat, 28 Desember 2018

Warga Probolinggo Dikagetkan, Banyak Ternak Dimakan Ular Sanca

Warga Probolinggo Dikagetkan, Banyak Ternak Dimakan Ular Sanca

Warga Probolinggo Dikagetkan, Banyak Ternak Dimakan Ular Sanca

AGEN POKER Ular Sanca meresahkan warga beberapa hari terakhir warga Jalan Lawu, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo diresahkan atas banyaknya ternak warga yang hilang. Ayam dan itik warga tiba-tiba hilang secara mendadak. Warga menduga jika ternak yang hilang itu akibat dimangsa ular sanca. Karena beberapa warga sempat melihat kemunculan hewan melata tersebut. Urip Santoso, salah seorang warga setempat, awalnya menduga ayamnya hilang karena dicuri oleh maling.

Namun dugaan Urip salah karena ia mengaku sempat melihat kemunculan ular sanca di sekitar kampungnya. Urip yakin jika tiga ayamnya hilang karena dimangsa sanca. Warga sempat berusaha menangkap ular besar itu, namun belum berhasil. Dalam seminggu ini ada 15 ternak warga yang hilang, 10 ayam dan 5 itik.

Urip mengatakan sejak sepekan lalu sudah ada beberapa warga yang kehilangan ternaknya. Urip juga mengaku sanca yang dilihatnya mempunyai panjang sekitar 3 meter. Sementara motif kulitnya sisik Kembang. Kemarin sempat saya lihat, ular itu berada sekitar kandang ayam warga. Namun beberapa menit kemudian hilang, saat mau ditangkap, ujar Urip, pada hari Selasa.

Hal senada juga dikatakan Mahfud. Mahfud mengaku kehilangan ayam jagonya yang dbelinya seharga Rp 1,5 juta. Ia meyakini kalo ayamnya itu telah dimangsa sanca yang berkeliaran di kampungnya. Sudah 2 hari hilang ayam kesayangan saya, ada yang melihat katanya dimakan ular, ini saya dan warga terus cari ular sanca itu, kata Mahfud yang kesal atas ayamnya yang di makan sama ular sanca tersebut.

Hingga saat ini warga Kelurahan Ketapang terus memburu keberadaan ular sanca tersebut. Beragam cara digunakan warga, mulai dengan membuat perangkap atau memburu dengan senapan angin.

Setelah berberapa hari diburu, ular sanca yang memangsa ternak warga di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo akhirnya tertangkap warga. Warga masih memburu satu lagi sanca yang diduga masih berkeliaran di daerah Kelurahan Ketapang.

Ular sanca itu ditangkap di areal persawahan, tepat belakang rumah Mahfud yang ayam jagonya hilang dari kandang karena dimangsa sanca. Penangkapan dilakukan ramai-ramai oleh warga. Warga kesal atas ulah hewan melata tersebut karena ternaknya habis dimangsa oleh ular tersebut.

Perlu tujuh orang untuk melumpuhkan sanca itu. Saat ditangkap, sanca itu berusaha bertahan dengan membelitkan tubuhnya di antara pohon bambu. Warga dengan sekuat tenaga menarik beramai-ramai tubuh sanca. Usaha warga berhasil, lilitan sanca itu terlepas dari pohon bambu. Begitu tubuhnya dapat dikuasai, mulut sanca langsung ditutup dengan plastik.

Usai dilumpuhkan, sanca yang diktahui berkelamin jantan tersebut memiliki panjang sekitar 3 meter dan berat tubuh sekitar 20 kilogram. Kami sudah menangkap satu ular, tapi warga yakin ada satu ular lagi yang mash berkeliaran. Yang ditangkap ini jantan, yang masih berkeliaran betina. Sepertinya mereka berpasangan," ujar Mahfud kepada wartawan, pada hari Selasa.

Mahfud menambahkan warga tak ingin ada ternaknya lagi yang hilang dimangsa sanca. Karena itu warga segera bersiap untuk bergerak bila diketahui ada penampakan sanca itu. Pokoknya harus ditangkap semua, apalagi ayam jago mahal milik saya sudah gak ada gara-gara dimangsa ular ini. Warga akan tetap memburu yang tersisa, kata Mahfud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah Ada seorang SPG di Samarinda, Kalimantan Timur yang harus berurusan dengan ap...