Minggu, 18 Agustus 2019

Sebuah Kapal Nelayan Dibajak 2 Nelayan Tewas

Sebuah Kapal Nelayan Dibajak 2 Nelayan Tewas

Sebuah Kapal Nelayan Dibajak 2 Nelayan Tewas

Kapal Mina Sejati yang memuat 30 ABK dibajak saat berlayar di perairan Maluku. 2 orang tewas dalam peristiwa itu dan diduga pelaku pembajakan adalah ABK dari kapal tersebut. Menyampaikan informasi pembajakan dari Korpos SAR dan PSDKP Tual, Maluku bahwa KM Mina Sejati yang di nahkodai Ko Awi yang di bajak di laut oleh 3 orang ABK sendiri, kata Kabasrnas Ambon Muslimin, saat dihibungi wartawan pada hari Minggu.

Kabasrnas Muslimin mendapat informasi pembajakan pada hari Sabtu, sekitar pukul 16.00 WIT, kala itu petugasnya mendapat info adanya 9 orang yang kabur dari KM Mina sejati namun hanya 7 orang yang selamat, mereka yang selamat ditolong nelayan setempat dan sesampainya di darat mereka melapor ke Posko SAR, jadi informasi dari korban selamat yang melompat dari kapal tersebut bahwa kapal tersebut di rampok oleh ABK sendiri yang berjumlah 3 orang dan 18 orang masih berada atas kapal kita belum mengetahui nasibnya, Ujar Muslimin. 2 orang dinyatakan meninggal dunia, sambungya.

Kabasrnas muslimin menambahkan 2 kapal nelayan yang menolong 7 korban yang selamat tidak berani mendekati kapal yang di bajak lantaran mendapat informasi pembajak membawa senjata tajam, karena kapal yang menolong korban selamat tidak berani mendekat berhubung informasi bahwa yang merampok membawa senjata tajam kita team SAR belum tahu jenis benda tajam apa, tuturnya. Team Basarnas hanya bisa menunggu perkembangan bila diperlukan evakuasi korban tim SAR gabungan akan diberangkatkan karena hal tersebut merupakan kriminal dimana penangannya harus dari apparat bersenjata pada hari Minggu pagi tadi telah diberangkatkan KRI Lanal dari Kota Dobo menuju lokasi kapal yang di bajak.

Sebanyak 3 orang pelaku pembajakan kapal nelayan Kapal Mina Sejati di perairan Maluku telah teridentifikasi. Pelaku pembajakan diduga adalah Anak Buah Kapal (ABK) dari kapal tersebut. Identitas pembajak merupakan ABK KM Mina Sejati sendiri teridentifikasi ada 3 orang atas nama 1. Nurul Huda sebagai masinies 2. Ferri Dwi Lesmana 3. Qersim Ibnu Malik, kata Kabasarnas Ambon Muslimin saat dihubungi wartawan pada hari Minggu.

Muslimin menjelaskan data-data tersebut didapat dari Danlantamal Ambon, informasi dari KRI TLD-521 yang melakukan proses membebasan 23 sandera dari 3 orang pembajakan. Laporan awal menyebutkan bahwa ada 30 orang ABK namun ternyata ada 36 orang yang berada di kapal tersebut. Selain itu, jumlah ABK yang menyelamatkan diri dengan meloncat ke laut bukan 9 orang tetapi 13 orang dan dua di antaranya meninggal dunia.

ABK jumlah seluruhnya 36 orang, dengan keterangan, 13 orang menyelamatkan diri dengan menyeburkan diri ke laut (11 orang selamat, 2 org meninggal), ujarnya. Dia menambahkan korban yang selamat ditolong oleh 3 kapal yakni KM Mercel Jaya 56, KM Gemilang Samudera dan KM Surya Terbit. Sebelum itu, KRI TLD-521 sudah berada sekitar di lokasi untuk melaksanakan proses penyergapan. ABK yang selamat ditolong oleh KM Marcel Jaya 56, KM Gemilang Samudera dan KM Surya Terbit. KRI TLD-521 sudah berada sekitar pukul. 15.30 di lokasi untuk melaksanakan proses penyergapan, ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah Ada seorang SPG di Samarinda, Kalimantan Timur yang harus berurusan dengan ap...