Jumat, 25 Oktober 2019

Membantu Padamkan Kebakaran Di Pegunungan Ijen Melalui Helikoper

Membantu Padamkan Kebakaran Di Pegunungan Ijen Melalui Helikoper

Membantu Padamkan Kebakaran Di Pegunungan Ijen Melalui Helikoper

Telah terjadi kebakaran hutan di Pegunungan Ijen belum bisa dipadamkan untuk pemadaman ada beberapa titik kebakaran dengan water bombing akan segera dilakukan oleh bantuan helikopter pengangkut air akan melakukan pemadaman di sekitar Gunung Merapi Ungup-ungup, pada hari Sabtu. Gunung tersebut bagian dari Pegunungan Ijen.

Kata kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharram mengaku mendapatkan kabar, bahwa helikopter water bombing akan datang untuk mengatasi karhutla kawasan TWA Kawah Ijen. Barusan saya dapat kabar jika satu unit helikopter water bombing besok hari hari Sabtu akan merapat di Blimbingsari insya Allah besok bisa dilakukan penyiraman dari udara, ujarnya kepada wartawan, pada hari Jumat.

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa menjamin karhutla yang terjadi akan cepat teratasi. Sebab, karhutla di kawasan TWA Kawah Ijen telah meluas hingga 1.000 hektare. Saya tidak bisa menjamin karhutla cepat teratasi. Karena water bombing sekali menyiram air seluas dua kali lapangan voli. Sedangkan luas Karhutla dari Gunung Ranti, Ijen hingga Merapi Ungup-ungup mencapai kurang lebih 1.000 Ha, ujarnya Bapak Eka Muharram.

Belum lagi, imbuh Eka, jika ada angin kencang yang terjadi di lokasi karhutla. Pastinya, helikopter Water bombing tidak bisa dipaksakan untuk beroperasi. Pada saat water bombing rencananya kami fokuskan dulu di karhutla kawasan Cagar Alam Merapi Ungup-ungup karena kawasan ini merupakan sebagai kawasan hutan lindung yang dikelola Perhutani, terangnya.

Untuk saat ini telah didirikan tenda tagana dan BNPB untuk dijadikan dapur umum dan posko kesehatan di Rest Area Jambu. Tagana dan BNPB telah turun tangan dengan adanya status tanggap darurat ini. Setiap hari rencananya kami sediakan 650 bungkus nasi untuk konsumsi para petugas gabungan pemadam api dan para relawan lainnya, pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah Ada seorang SPG di Samarinda, Kalimantan Timur yang harus berurusan dengan ap...