Sabtu, 29 Februari 2020

Nelayan Sedang Asik Memancing Ikan Pakai Botol Plastik

Nelayan Sedang Asik Memancing Ikan Pakai Botol Plastik

Nelayan Sedang Asik Memancing Ikan Pakai Botol Plastik

Ada seorang nelayan yang bernama Ayi (40) nelayan yang berasal dari Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi terlihat dari serius menatap ke selokan air di bawahnya dan tidak lama, pada tali pancingnya bergerak-gerak, dengan cekatan jari jemarinya perlahan menarik tali hingga ke permukaan dan ada belasan ikan yang berukuran sepanjang jari menggelepar berusaha keluar dari botol kemasan air mineral yang disulap menjadi perangkap ikan atau bubu dan satu persatu ikan itu dipindahkan ke dalam wadah khusus, setelah itu tali pancing dan botol plastik kembali diturunkan ke dalam selokan.

Dengan lincah tangan nelayan yang bernama Ayi ini kembali menyasar ikan yang terlihat berkilauan dari atas permukaan air. Dalam aktivitas memancing yang dilakukan warga dan nelayan Palabuhanratu tak biasa, mereka memancing tanpa media pancing konvensional seperti kail dan joran. Pada awalnya tahu dari nelayan asal Cilacap, sebenarnya di Palabuhanratu sudah lama dikenal tapi jarang dipraktekan, lalu saya coba memancing menggunakan botol bekas air mineral ini, ternyata pada ngikutin, kata Ayi saat ditemui wartawan di Dermaga Palabuhanratu, pada hari Sabtu.

Diselokan yang dipakai memancing airnya mengarah langsung ke Dermaga Nelayan Palabuhanratu dan tidak heran ikan di garis perbatasan antara sungai dan perairan laut didapati berukuran kecil namun terkenal gurih bila di goreng lalu disantap saat masih panas. Tidak hanya di selokan, pada aktivitas serupa juga dilakukan di tempat sandar perahu di area dalam dermaga dan para mancing mania terlihat asyik menurunkan tali pancing dan botol air mineral.

Kebanyakan yang terdapat itu ikan Belanak, bentuk dan rasanya sama seperti bandeng, kadang kita buat makan di rumah atau dibikin ikan asin juga enak, ada juga yang dijual. Kalau betah seharian begini bisa dapat sampai 30 kilogram, kata Ayi. Untuk cara membuat pancing menggunakan botol mineral cukup mudah, cukup menyediakan botol mineral berukuran besar, gunting dan umpan berupa roti atau lumut dan bagian bawah botol dilubangi sedemikian rupa yang berfungsi menjebak ikan agar masuk, setelah berada di dalam botol mereka akan kesulitan saat keluar.

Di lokasi yang sama, ada bapak Badrudin (42) yang sebagai supir angkutan kota ini mengaku ketagihan hobby baru memancing dengan botol plastik. Saya kan suka narik nelayan yang pulang melaut, saat menunggu sering lihat teman mancing pakai alat ini dan saya tanya-tanya lalu nyobain, ternyata asyik dan menyenangkan dan lumayan jadi obat menghilangkan kejenuhan, ungkapnya.

Pada aktivitas memancing dengan cara itu bisa dilihat saat pagi, siang dan sore, selain bisa mencoba sensasinya, pada aktivitas nelayan-warga itu juga asyik dilihat karena tidak sedikit aksi jail dilakukan saat melihat rekannya menarik hasil pancingan dari dalam air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah Ada seorang SPG di Samarinda, Kalimantan Timur yang harus berurusan dengan ap...