Minggu, 17 Maret 2019

Bupati Kepulauan Seribu Mengantisipasi Datangnya Tsunami

Bupati Kepulauan Seribu Mengantisipasi Datangnya Tsunami 

Bupati Kepulauan Seribu Mengantisipasi Datangnya Tsunami

AGEN POKER Mengatasi datanganya Tsunami Di kepulauan Seribu Bupati akan membagikan Pelampung untuk warga di Kepulauan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pernah menyoroti rentannya daerah wisata terhadap bencana alam. Sebagai salah satu Bali Baru yang diunggulkan meraup wisatawan, Kepulauan Seribu perlu menjaga diri dari bencana tsunami. Bupati Kepulauan Seribu punya ide baru untuk memikat wisatawan.

Kepulauan Seribu terdiri atas perairan dan pulau seluas 4.745,62 km persegi. Ada 110 pulau, 11 di antaranya adalah pulau berpenghuni. Dengan kondisi geografis seperti ini, mitigasi bencana adalah hal yang perlu. Kita perlu alat pendeteksi tsunami dan menyambungkan alat deteksi tsunami dengan early warning system di pulau. Sampai sekarang belum ada sistem peringatan dini supaya masyarakat bisa siap, kata Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad kepada wartawan, pada hari Selasa.

Dia menjelaskan, warga di pulau-pulau besar bisa lari ke bukit bila tsunami terdeteksi bakal tiba. Namun di Kepulauan Seribu, tak ada bukit yang cukup tinggi yang bisa menjadi tujuan warganya lari menyelamatkan diri dari potensi tsunami. Di pulau, warga disuruh lari ke mana? Tidak ada, ujarnya. Maka Husein memunculkan ide agar tiap-tiap warga Kepulauan dibekali baju pelampung atau life jacket. Bila sampai ada air yang menerjang, setidaknya warga masih bisa terapung di permukaan air.

Maka timbul pemikiran saya masyarakat harus diberi life jacket. Jadi dia harus bisa bersahabat dan survive sendiri di air, karena tidak ada tempat lari, ujar Husein. Belum ada rencana realisasi ide ini. Bila saja ide itu terealisasi, 23 ribu orang bakal mendapat satu baju pelampung.

Penduduk asli Pulau Tidung yang juga keluarga pemilik usaha penginapan Griya Rahma, Adlan Kamil, menjelaskan kejadian tsunami di Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu berefek pada sepinya tamu penginapan. Namun soal tsunami itu sendiri, Adlan tak terlalu risau. Dia sangat yakin Kepulauan Seribu aman dari tsunami.

Kakek saya pernah cerita, waktu Krakatau meletus tahun 1883, Pulau Tidung tetap aman meski ada gelombang 8 meter, kecuali hanya ujung barat dan ujung timur saja yang kena, kata Adlan. Dia menanggapi ide pemberian baju pelampung untuk tiap warga yang dicetuskan Bupati Husein. Kalau kena gelombang, siapa yang jamin kita tidak terbentur benda-benda? Daripada mengadakan baju pelampung, lebih baik pemerintah banyak-banyakin acara doa bersama sajalah, tuturnya.

Di Pulau Harapan, ada Bahrudin alias Jagur yang mengaku khawatir juga terhadap potensi tsunami. Soalnya, tempat hidup mereka dikelilingi laut. Istrinya, Komariah alias Kokom, mengaku lebih khawatir terhadap puting beliung ketimbang tsunami. Soalnya, Pulau Harapan pernah diterjang puting beliung kuat pada 2012.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan perihal pentingnya mitigasi bencana di kawasan destinasi wisata. Hal ini disampaikannya setelah publik Indonesia digemparkan oleh peristiwa tsunami di Selat Sunda.

Industri pariwisata sangat rentan terhadap bencana. Apabila tidak dikelola dengan baik, dampaknya akan mempengaruhi ekosistem pariwisata dan pencapaian target kinerja pariwisata. Pariwisata sering kali diasosiasikan dengan kesenangan, dan wisatawan melihat keamanan dan kenyamanan sebagai satu hal yang esensial dalam berwisata. Bencana merupakan salah satu faktor yang sangat rentan mempengaruhi naik-turunnya permintaan dalam industri pariwisata, kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Erupsi Gunung Merapi tahun 2010 menurunkan jumlah wisatawan di Yogyakarta dan Jawa Tengah hampir 50 persen. Erupsi Gunung Agung di Bali tahun 2017 menyebabkan 1 juta wisatawan berkurang dengan kerugian Rp 11 triliun di sektor pariwisata. Gempa Lombok 2018 menyebabkan 100 ribu wisatawan berkurang dengan kerugian Rp 1,4 triliun di sektor pariwisata. Tsunami di Selat Sunda 22 Desember 2018 menyebabkan kerugian ekonomi hingga ratusan miliar di sektor pariwisata.

Rencana pembangunan 10 Bali Baru atau 10 destinasi pariwisata prioritas yang akan dibangun, yaitu Danau Toba, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu dan Kota Tua, Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Wakatobi, Mandalika, Morotai, dan Labuan Bajo, hendaknya mengaitkan mitigasi dan pengurangan risiko bencana sehingga daerah pariwisata tersebut aman dari bencana. Faktanya, 8 dari 10 daerah prioritas pariwisata tersebut berada pada daerah yang rawan gempa, dan sebagian tsunami, kata Sutopo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah

SPG Di Kaltim Mencuri Kosmetik Hingga Ratusan Juta Rupiah Ada seorang SPG di Samarinda, Kalimantan Timur yang harus berurusan dengan ap...